Saturday, January 13, 2018

Manfaat tanaman handeleum untuk obat sembelit, ambeien, dan bisul

Tanaman handeleum yang biasa ditanam di halaman sebagai tanaman hias ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman dengan nama latin Graptophyllum pictum ini dikenal juga dengan nama Wungu atau Daun Temen-temen. Tanman ini mengandung zat tannin, alkaloid, sitosterol glikosida, flavonoid, alkaloid non-toksik, kalsium oksalat, saponin, lemak, asam folat. Tanaman handeleum ini bisa mengobati sembelit, ambeien, bisul, dan batu empedu.




Tanaman handeleum untuk obat sembelit
Sakit Sembelit ini membuat susah buang air besar karena pengerasan tinja atau feses.  Daun handeleum mengandung lendir yang bermanfaat melunakkan tinja yang keras itu. Caranya ambil daun andeleum sekitar 5-7 lembar. Lalu rebus dengan 3 gelas air  sampai airnya tersisa 2 gelas. Saring rebusan tersebut. Setelah itu air rebusan dapat diminum hangat-hangat.

Tanaman handeleum untuk obat ambeien
Rebusan daun handeleum bisa untuk mengobati sakit ambeien atau  wasir. Penyakit ambeien merupakan pembengkakan pada bibir anus dengan gejala ada rasa panas, kadang keluar darah, dan tonjolan.  Daun rebusan Tanaman handeleum bisa untuk mengobati penyakit ambeien.  Caranya rebus 15 helai daun handeuleum, kunyit, gula aren direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum dua kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Tanaman handeleum untuk obat bisul
Tanaman handeleum juga bisa untuk obat bisul. Caranya dengan menumbuk halus beberapa lembar daun handeuleum yang sudah dicuci. Kemudian oleskan pada bisul.

Itu beberapa manfaat tanaman handeleum untuk kesehatan. Selain itu tanaman handeleum bisa mengobati penyakit batu empedu dll. Jadi selain bagus untuk tanaman hias, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai obat.

1 comment: