Saturday, October 10, 2015

Awas jangan terlalu banyak makan gula kalau tidak mau kena diabetes

Gula pasir merupakan pemanis dari tebu yang diolah menjadi gula pasir. Gula ini disukai banyak orang, baik untuk dicampur diminuman seperti teh, kopi dll juga dipakai untuk pemanis makanan. Bagi penderita diabetes memang sudah tidak boleh makan gula lagi namun buat yang masih normal belum terkena diabtes juga dianjurkan jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula.




Kenapa kita dilarang mengkonsumsi gula terlalu banyak?.. Alasannya karena kemampuan pangkreas di dalam tubuh kita. Pangkreas yang hanya mampu mengubah setengah sendok gula pasir saja atau kurang lebih 5 gram gula pasir untuk dijadikan energi dalam seharinya. Jadi buat kita yang mengkonsumsi lebih dari setengah sendok gula pasir setiap harinya maka kelebihan gula yang kita konsumsi  tidak bisa diproses oleh pankreas akan tertimbun dalam tubuh menjadi gula darah dan lemak. Lama-kelamaan tubuh kita akan terkena penyakit  diabetes.

Memang diabetes melitus tidak selalu berhubungan dengan kebanyakan makan gula. Seseorang didiagnosis diabetes ketika tubuhnya tidak cukup menghasilkan insulin atau tidak menggunakan insulin yang ada dengan benar. Yang harus dibatasi sebenarnya bukan hanya gula, tetapi total kalori karena sebagian besar yang kita makan untuk dijadikan energi akan diubah menjadi glukosa. Namun kalori dalam gula jauh lebih berbahaya. Kebiasaan mengasup gula akan menyebabkan penimbunan lemak berbahaya pada bagian perut. Saat ini obesitas serta resistensi pada insulin merupakan faktor utama yang memicu terjadinya diabetes tipe 2. Kondisi resistensi insulin terjadi karena ketidakmampuan sel untuk bereaksi pada insulin.

Bagi kita yang sudah terlanjur banyak makan gula bisa diimbangi dengan melakukan kegiatan yang bisa mengurangi kelebihan gula darah dan lemak itu. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi sayur yang mengandung serat tinggi yang mampu membuang lemak berlebih atau lemak jahat (kolesterol). Mengkonsumsi minyak kelapa juga mampu mengurangi lemak dalam tubuh.

Kita juga harus menjaga berat badan tetap normal, melakukan olahraga secara teratur, dan memperbaiki pola makan. Olahraga dapat menurunkan kegemukan dan menurunkan gula darah dengan mengaktifkan kerja insulin. Semoga jangan sampai kita terkena diabetes. Jadi supaya tidak terkena diabetes sebaiknya kita jaga pola makan dengan mengurangi asupan gula dan juga melakukan olahraga secara teratur.

No comments:

Post a Comment